Minggu, 04 Desember 2011

Rumus Matematika Kelas XII IPS Semester 2

MENERAPKAN KONSEP BARISAN DAN DERET DALAM   
 PEMECAHAN MASALAH

  1. Notasi Sigma
Secara umum, pengertian notasi sigma adalah sebagai berikut.

Text Box:                                                                                 



Dibaca “jumlah ak untuk k sama dengan 1 sampai n atau jumlah ak untuk k =1 sampai dengan k = n

Berikut ini sifat – sifat notasi sigma yang perlu diperhatikan. 
1. ak = a1 + a2 + a3 + … + an
2. (ak + bk) =  ak + bk
3. cak = c ak
4. ak = ak – p
5. c = (n – m + 1)c
6. ak + ak = ak
7. ak = 0
8. (ak + bk)2 = ak2 + 2 ak bk + bk2

1.   Barisan Aritmetika
            Misalkan suatu barisan bilangan adalah U1, U2, U3, U4, …, Un-1, Un.
         Barisan bilangan tersebut dikatakan barisan aritmetika, jika selisih untuk setiap suku ke-n (Un) dengan suku sebelumnya (Un-1) adalah tetap (konstan). Selisih tersebut dinamakan beda (b).
         Misalkan suku pertama = a, beda b, maka
               U1,          U2,             U3,       ...,           Un





                a,        a + b,  a +  2b, …, a+(n – 1)b    

Dengan demikian, rumus suku ke-n barisan aritmatika adalah :
Text Box: Un = a+ (n -1)b 



Suku Tengah ( Ut)

Jika bilangan berurutan a, b, c membemtuk barisan aritmatika, maka    
            terdapat hubungan.
               2b = a + c atau
               2 ( suku tengah ) = jumlah suku tepi
       Contoh :
              -4, 2, 8, 14, 20, 26, 32. merupakan barisan aritmatika karena
               2.14 = 8 + 20 = 2 + 26 = -4 + 32
      b.  Jika empat bilangan berurutan a, b, c, d, membemtuk barisan aritmatika,  
           maka terdapat hubungan.
               b + c = a + d atau
               jumlah suku tengah = jumlah suku tepi
       Contoh :
                3, 7, 11, 15, 19, 23 merupakan barisan aritmatika karena
                11 + 15 = 7 + 19 = 3 + 23
   Contoh :

 Deret Aritmatika ( Deret Hitung )
       Deret Aritmatika adalah bentuk penjumlahaan barisan aritmatika. Jika U1, U2, U3, …,Uadalah barisan aitmatika, maka U1 + U2 + U3 + …,Un merupaka  deret aritmatika. Jumlah n suku pertama disimbolkan dengan Sn.
Sn =  U1 + U2 + U3 + …,Un
Rumus jumlah n suku pertama adalah :


Text Box: Sn =  
Sn =









Menerapkan Konsep Barisan dan Deret Geometri
Barisan Geometri
      Misalkan suatu barisan bilangan adalah U1, U2, U3, U4, …, Un-1, Un
Barisan bilangan tersebut dikatakan barisan geometri, jika nilai perbandingan untuk setiap suku ke – n ( Un ) dengan suku sebelumnya ( Un-1) adalah tetap. Nilai perbandingan itu disebut rasio ( r ), ditulis :
    
                   R =

      Dimana  r ≠ 0 atau r ≠ 1
            Misalkan suku pertama sama dengan a, rasio sama dengan r, maka :
               U1,          U2,             U3,       ...,           Un











                a,        ar,         ar2 , …     ,arn – 1 
       Dengan demikian, rumus suku ke – n barisan geometri adalah :


Text Box: Un = arn-1


                                              


Deret Geometri
            Deret geometri adalah bentuk penjumlahan suku – suku barisan geometri.
      Jika U1, U2, U3, U4, …, Un-1, Un adalah barisan geometri, maka U1 + U2 + U3 + …,Un
        merupaka  deret geometri. Jumlah n suku pertama disimbolkan dengan (Sn)
Sn =  U1 + U2 + …, Un-1 + Un
Rumus jumlah n suku pertama adalah :

Text Box:             

 



4.   Deret Geometri Takhingga
            Jika suatu deret geometri, Sn =  U1 + U2 + …, Un-1 + Un  dengan n mendekati takhingga, maka deret geometri tersebut dikatakan sebagai deret geometri tak hingga dan di tulis  dengan
      S=  U1 + U2 + …, Un-1 + …
Jika
Jika
Sehingga,runus jumlah deret geometri takhingga untuk
            
                               



MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINIER

1.      Pengertian  Program Linier
Program linier  adalah suatu cara penyelesaian masalah dengan menggunakan konsep pertidaksamaan linier.
a. Pertidaksamaan linier dengan ditentukan daerah penyelesaian nya.
       Sebelum kita membahas lebih lanjut kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang perstidaksamaan linier dan juga cara menentukan daerah penyelsaian ( himpunan penylesaian).
      Petidasamaan linier adalah kalimat terbuka yang menggunakan tanda <, >, , dan  

Contoh :
1.Tentukan himpunan  penyelesaian dari
      a. x < 3                        d. y > 2
      b.x  2                        e. y  -1
      c. y  > - 3
Jawab :

x = 3
 
1.a. x < 3

y
 
                                                                       
. Sistem pertidaksamaan linier dengan dua variable ditentukan daerah
 penyelesaian
   
Contoh 1 : 
    Tunjukan  himpunan penyelesaian yang memenuhi system pertidaksamaan
     2x + y ≤ 6 ; x ≥ 0 ; y ≥ 0, untuk x,y  R
    
      Jawab :
     Langkah – langkah :
     Lukislah grafik 2x + y ≤ 6 dengan cara :
     i.  Tentukan titik potong sumbu x dan sumbu y dengan table
         Jika x = 0 maka y = 6
         Jika y = 0 maka x = 3
              Tabel
x
0
3
y
6
0
     ii. Buatlah garis  x = 0 , yang merupakan sumbu y , derah yang memenuhi adalah  
         daerah di sebelah kanan sumbu y.
     iii.Buatlah garis  y = 0 , yang merupakan sumbu x , derah yang memenuhi adalah  
         daerah di atas sumbu x.
     iv.Ganbar grafik dalam koordinatkartesius sehingga terlihat himpunan 
         penylesaiannya :
     v. Daerah grafik yang diarsir. Uji titik ( 0,0 ) maka 2.0 + 0 ≤ 6 maka titik ( 0,0 )
         memenuhi.

 
                -     -      -                 +      +      +
 














Contoh 2 :
  1. Menetukan Model Matematika Dari Soal Cerita ( Kalimat Verbal )

Model matematika adalah suatu cara penyelesaian masalah dengan cara mengubah bentuk kalimat verbal menjadi suatu model yang selanjutnya diselesaikan dengan pendekatan matematika.

Contoh :

Seorang pembuat paku membuat jenis paku dari bahan yang tersedia yaitu 5,5 kg A dan 2 kg bahan B. Paku jenis I tiap buah memerlukan 200 gram bahan A dan 75 gram bahan B sedangkan paku jenis II tiap buah memerlukan 150 gram bahan jenis A dan 50 gram bahan jenis B.
Jika pengusaha menjual paku I dengan harga Rp 500,00 dan paku II dengan harga Rp 350,00 maka hitunglah berapa buah paku I dan paku II yang harus dibuat agar penghasilan pengusaha maksimum?

Jawab :
Mengubah bentuk verbal menjadi model matematika dari soal diatas
Misalkan : Paku jenis I = x dan
                              Paku jenis II = y
            Tabel
Barang
Bahan A
Bahan B
Paku jenis I
200 gram
75 gram
Paku jenis II
150 gram
50 gram
Jumlah
5.500 gram
2.000 gram
Berdasarkan table sebelumnya didapat persamaan sebagai berikut :

200x + 150y ≤ 5.500
75x + 50y ≤ 2.000
x ≥ 0
y ≥ 0
Sedangkan fungsi objektifnya adalah z = 500x + 350y
Kita sederhanakan dulu persamaan diatas
200x + 150y ≤ 5.500 4x + 3y ≤ 110
75x + 50y ≤ 2.000      3x + 2y ≤ 80
x ≥ 0
y ≥ 0
Mencari dearah penyelesaian untuk system pertidaksamaan di atas

   4x + 3y ≤ 110                             
x
0
y
0

  3x + 2y ≤ 80
x
0
y
40
0

Titik potong garis 4x + 3y = 110 dan 3x + 2y = 80 adalah
  
4x + 3y = 110   x2  8x + 6y = 220
3x + 2y = 80     x3  9x + 6y = 240      
                               - x         = -20
                                        x   =  20    
untuk x = 20
3x + 2y = 80 3.20 + 2y = 80
                                      2y = 80 – 60
                                        y =  = 10 maka titik potong (20,10)
Gambar grafik fungsi penyelesaiannya



3x + 2y = 80
 
                          

Daerah  himpunan penyelesaian adalah OABC, sedangkan titik –titik
      optimumnya adalah O(0,0), A(80/3,0), B(20,10), dan C(0,110/3)
Nilai fungsi obyeknya adalah :
      Untuk O(0,0)        z = 500.0 + 350.0 = 0
      UntukA(80/3,0)   z = 500.80/3 + 350.0 = 13.000
      UntukB(20,10)    z = 500.20 + 350.10 = 13.500
      UntukC(0,110/30z = 500.0 + 350.110/3 = 12.000
Jadi agar mendapat penghasilan maksimum yaitu Rp 13.500,00 maka
      pengusaha harus membuat 20 buah paku I dan 10 buah paku II.

C.    Menentukan Nilai Optimum dari Sistem Pertidaksamaan Linier.
     
D.    Garis Selidik dengan Prsamaan ax + by = k

Untuk menentukan nilai optimum,selain dengan mencari titik – titik yang koordinat – koordinatnya memenuhi syarat yang diberikan, dapat juga dilakukan dengan menggunakan garis – garis sejajar itu mempunyai persamaan ax + by = k ,dengan k  R dan ax + by merupakan bentuk obyektif. Kerena garis – garis yang sejajar itu di gunakan untuk menyelidiki nilai optimum,maka garis – garis itu disebut garis selidik.Agar himpunan garis – garis sejajar ax + by = k mudah dilukis, maka mulailah dengan melukis garis yang melalui tttik pangkal , yaitu jika k = 0. Kemudian, garis – garis ax + by = k untuk k = 1,2,3,4, ……dilukis dengan penggaris.

Contoh :
Tentukan nilai maksimum dari 3x + 2y yang memenuhi :

x + y ≤ 5 ; x ≥ 0 ;y ≥ 0

Jawab ;   
3x +2y = k2 maka 3.0 + 2.5 = 10
            3x +2y = k2 maka 3.5 + 2.0 = 15
            Jadi nilai maksimum adalah 15

 

RUMUS INTEGRAL

Mencari nilai integral

Substitusi

Contoh soal:
Cari nilai dari: \int \frac{ln x}{x}\,dx\,
t = \ln x, dt = \frac{dx}{x}
\int \frac{ln x}{x}\,dx\, = \int t\,dt
= \frac {1}{2} t^2 + C
= \frac {1}{2} ln^2x + C

Integrasi parsial

Integral parsial menggunakan rumus sebagai berikut:
\int f'(x)g(x)\,dx = f(x)g(x) - \int f(x)g'(x)\,dx
Contoh soal:
Cari nilai dari: \int \ln x \,dx\,
f'(x) = 1, f(x) = x, g(x) = ln x, g'(x) = \frac{1}{x}\,
Gunakan rumus di atas
\int \ln x\ dx = x ln x - \int x\frac{1}{x}\,dx\,
= x ln x - \int  1\,dx\,
= x ln x - x + C\,

Substitusi trigonometri

Bentuk Gunakan
\sqrt{a^2-b^2x^2}\, x = \frac{a}{b}\sin \alpha\,
\sqrt{a^2+b^2x^2}\,  \!\, x = \frac{a}{b}\tan \alpha\,
\sqrt{b^2x^2-a^2}\, \, x = \frac{a}{b}\sec \alpha\,
Contoh soal:
Cari nilai dari: \int \frac{dx}{x^2\sqrt{x^2+4}}\,
x = 2 \tan A, dx = 2 \sec^2 A\,dA\,
\int \frac{dx}{x^2\sqrt{x^2+4}}\,
= \int \frac {2 sec^2 A\,dA}{(2 tan A)^2\sqrt{4 + (2 tan A)^2}}\,
= \int \frac {2 sec^2 A\,dA}{4 tan^2A\sqrt{4 + 4 tan^2A}}\,
= \int \frac {2 sec^2 A\,dA}{4 tan^2A\sqrt{4(1+tan^2A)}}\,
= \int \frac {2 sec^2 A\,dA}{4 tan^2A\sqrt{4 sec^2A}}\,
= \int \frac {2 sec^2 A\,dA}{4 tan^2A.2sec A}\,
= \int \frac {sec A\,dA}{4 tan^2A}\,
= \frac {1}{4}\int \frac {secA\,dA}{tan^2A}\,
= \frac {1}{4}\int \frac{cos A}{sin^2A}\,dA\,
Cari nilai dari: \int \frac{cos A}{sin^2A}\,dA\, dengan menggunakan substitusi
t = sin A, dt = cos A\,dA\,
\int \frac{cos A}{sin^2A}\,dA\,
= \int \frac{dt}{t^2}\,
= \int t^{-2}\,dt\,
= -t^{-1} + C= -\frac{1}{sin A} + C\,
Masukkan nilai tersebut:
= \frac {1}{4}\int \frac{cos A}{sin^2A}\,dA\,
= \frac {1}{4}.-\frac{1}{sin A} + C\,
= -\frac {1}{4 sin A} + C\,
Nilai sin A adalah \frac{x}{\sqrt{x^2+4}}
= -\frac {1}{4 sin A} + C\,
= -\frac {\sqrt{x^2+4}}{4x} + C\,

Integrasi pecahan parsial

Contoh soal:
Cari nilai dari: \int\frac{dx}{x^2-4}\,
\frac{1}{x^2-4} = \frac{A}{x+2} + \frac{B}{x-2}\,
= \frac {A(x-2) + B(x+2)}{x^2-4}\,
= \frac{Ax-2A+Bx+2B}{x^2-4}\,
=\frac{(A+B)x-2(A-B)}{x^2-4}\,
Akan diperoleh dua persamaan yaitu A+B = 0\, dan A-B = -\frac{1}{2}
Dengan menyelesaikan kedua persamaan akan diperoleh hasil A = -\frac{1}{4}, B = \frac{1}{4}\,
\int\frac{dx}{x^2-4}\,
= \frac{1}{4} \int (\frac{1}{x-2} - \frac {1}{x+2})\,dx\,
= \frac{1}{4} (ln|x-2| - ln|x+2|) + C\,
= \frac{1}{4} ln|\frac{x-2}{x+2}| + C\,

Rumus integrasi dasar

Umum

\int x^n\,dx = \frac{x^{n+1}}{n+1} + C\,(n ≠ -1)
\int\frac{d}{dx}[f(x)]\,dx = f(x) + C\,
\int(u+v)\,dx = \int u \,dx + \int v \,dx\,
\int au\,dx = a \int u\, dx\,(a adalah konstanta)
\int \frac{dx}{x} = ln |x| + C\,
\int a^x \,dx = \frac{a^x}{ln a} + C\,(a > 0, a ≠ 1)
\int \frac{dx}{x} = ln |x| + C

Bilangan natural

\int e^u du= e^u + C\,

Logaritma

\int \log_b(x) \,dx = x \log_b(x) - \frac{x}{\ln(b)} + C = x \log_b \left(\frac{x}{e}\right) + C

Trigonometri

\int\sin x\,dx = -\cos x + C\,
\int\cos x\,dx = \sin x + C\,
\int\tan x\,dx = \ln |\sec x| + C\,
\int\cot x\,dx = \ln |\sin x| + C\,
\int\sec x\,dx = \ln |\sec x + \tan x| + C\,
\int\csc x\,dx = \ln |\csc x - \cot x| + C\,
\int\sec^2 x\,dx = \tan x + C\,
\int\csc^2 x\,dx = - \cot x + C\,
\int\sec x\tan x\,dx = \sec x + C\,
\int\csc x\cot x\,dx = -\csc x + C\,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar