Minggu, 11 September 2011

2 TAHUN di SMA LABSCHOOL KEBAYORAN


Tahun 2009 adalah tahun dimana saya resmi sebagai siswi SMA Labschool Kebayoran. Tujuan utama saya masuk labsky karena keinginan saya dan beberapa teman saya untuk bermain basket bersama di Labsky. Awalnya saya merasa sedih,karena ada satu teman saya dari SD tidak diterima di Labsky. Tetapi lama kelamaan saya harus terbiasa. Hari pertama masuk sekolah diawali dengan kegiatan MOS (Masa Orientasi Siswa). Saya mendapatkan pengalaman,pelajaran dan teman baru di kegiatan ini. MOS dilaksanakan selama 3 hari. Setelah MOS berakhir,kami resmi sebagai angkatan 9 di Labsky. Setelah MOS saya mengikuti kegiatan belajar dan mendapat kelas XB untuk setahun kedepan. Untungnya saya sekelas dengan teman yang satu SMP dengan saya. Saya duduk sebangku dengannya. Di kelas ini saya memiliki berbagai macam teman. Di labsky juga ada kegiatan rutin,yaitu lari pagi setiap hari jumat. Murid-murid wajib datang jam setengah 6 pagi lalu lari pagi. awalnya saya sedikit malas karena saya harus bangun pagi sekali untuk sekolah. Tetapi lama kelamaan sudah terbiasa.
 Saat bulan puasa,seluruh murid kelas X wajib mengikuti kegiatan yang dinamakan pilar. Pilar itu seperti pesantren kilat,dilaksanakan selama 3 hari. Disini kita membaca al-quran,sahur,berbuka puasa,solat berjamaah,dan diberi materi-materi islami.
XB
Belum lama saya bersekolah di Labsky,saya sudah harus meninggalkan sekolah selama 10 hari.  Saya izin unuk mengikuti pertandingan basket POPNAS (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) di jogja. Sepulang dari jogja,saya sangat bingung karena saya benyak tertingal pelajaran. Semua teman-teman membicarakan tugas dan ulangan,sedangkan saya tidak tahu apa-apa sama sekali. Dari sini saya sedikit ragu saya bisa masuk jurusan IPA,karena nilai-nilai yang saya dapatkan kurang memuaskan di semester awal ini. Tetapi saya tetap berusaha untuk mengejar pelajaran yang sudah tertinggal.
Pada bulan oktober,ada kegiatan lagi yang diwajibkan bagi murid-murid kelas X,yaitu TO. Sebelum TO ada praTO,saat praTO kita membuat nametag,dan tongkat angkatan untuk digunakan di saat TO nanti. Banyak materi-materi lain yang dilakukan untuk persiapan TO,seperti  baris berbaris.  TO (Trip Observasi)  dilaksanakan selama 5 hari di sebuah desa diluar Jakarta. kegiatan TO ini dibimbing oleh kakak-kakak OSIS dan MPK. Disana kami diajarkan hidup di lingkungan yang sangat terbatas fasilitasnya. Kami juga diajarkankan hidup mandiri,kekompakan antar teman,dan masih banyak lagi. Kegiatan ini sangat menyenangkan,saya mendapatkan banyak pengalaman di desa tersebut. Di TO ini angkatan kami memiliki nama,yaitu Nawadrastha Sandyadira. Saya tidak akan pernah melupakan kegiatan ini.
Semester 1 pun berakhir,saya harus belajar lebih giat lagi agar bisa masuk ke jurusan IPA,ditengah-tengah semester 2 yaitu di awal tahun 2010 pada bulan februari saya izin sekolah kembali,karena saya harus mengikuti kejuaraan nasional bola basket yang dilaksanakan di Jakarta. Saya tertinggal pelajaran lagi. Teman-teman saya sampai bingung karena saya sering sekali izin sekolah.
Di tahun 2010 ada 2 kegiatan besar SMA Labschool Kebayoran,yaitu Sky Battle dan Sky Avenue. Acara ini adalah acara angkatan,tetapi seluruh warga Labsky juga ikut memeriahkan dan mengikuti kedua acara tersebut. Kedua acara ini biasanya dilaksanakan oleh angkatan saat mereka sudah kelas 12. Sky Battle dilaksanakan pada bulan Maret. Sky battle adalah acara kompetisi berbagai macam olahraga untuk SMA se-jabodetabek. Saya sangat bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena kebetulan saya dan teman-teman yang mengikuti ekstrakurikuler basket sudah menunggu-nunggu kegiatan tersebut. Walaupun kata pelatih saya,tahun ini bukan tahun kami,tetapi kami tetap semangat,mungkin saja kami bisa menjadi juara pada tahun ini. Sky battle berjalan sukses dan meriah. Tetapi tim basket labsky belum bisa mendapat juara. Saya berjanji pada diri saya sendiri,tahun depan adalah tahunnya Labsky untuk menjadi juara. Setelah itu Sky Avenue,ini adalah kegiatan pentas seni yang dimeriahkan oleh artis-artis terkenal. Acara ini berjalan dengan sukses juga.

trip bandung
Pertengahan semester 2 di kelas X ini,kami mengikuti studi lapangan ke Bandung yang diselenggarakan dari sekolah. Studi lapangan ini berlangsung selama 2 hari. Disana kami diberi tugas oleh guru mata pelajaran dan berkunjung ke beberapa tempat seperti ciater dan museum. Setelah ke penginapan,penginapan yang kami tempati menurut saya sedikit menyeramkan. Selain belajar,kita juga diberi waktu untuk jalan-jaan dan belanja ke fo yang ada disana,dan berkumpul di tempat dan waktu yang sudah ditentukan.
Kelas X pun sedikit lagi berakhir. Saya ditakutkan oleh satu kegiatan yang wajib diikuti murid kelas X yaitu BINTAMA. BINTAMA adalah kegiatan pelatihan oleh KOPASSUS. Kami dilatih selama 5 hari di Serang. Dari cerita-cerita yang saya dengar BINTAMA adalah kegiatan yang menyiksa,panas-panasan,dimarah-marahin,semuanya dihitung,bahkan untuk mandi saja tidak cukup waktunya. Saya sangat takut sekali. Setelah saya merasakan kegiatan tersebut,ternyata tidak seperti yang saya bayangan dan tidak seperti yang diceritakan. Disana menyenangkan dan seru,walaupun agak sedikit tegang,tetapi pelatih-pelatih baik dan ramah. Saya mendapat banyak pengalaman dan pelajaran,seperti kedisiplinan,keberanian dan lain-lain. Kegiatan ini juga salah satu kegiatan yang tidak akan saya lupa.
Kelas X pun berakhir dengan dilaksanakannya ujian akhir sekolah. Sebelum itu teman-teman saya sibuk mempersiapkan TPO. TPO adalah seleksi untuk menjadi OSIS. Saat itu saya ingin sekali menjadi OSIS,tetapi orangtua saya tidak mendukung saya,karena mereka berfikir saya sudah terlalu sibuk dengan basket saya,jadi takut akhirnya keteteran. Akhirnya saatnya pembagian rapot kenaikan kelas. Alhamdulillah saya berhasil masuk kejurusan IPA. Saya senang dan puas. Liburan pun terasa lega,karena sudah tidak ada lagi yang saya pikirkan.
lalinju
Liburan pun berakhir,awal tahun pelajaran baru segera dimulai,saya harus melewati satu tahun kedepan dikelas XI IPA 2. Hari pertama masuk sekolah,kelas sepi,karena lumayan banyak anak kelas saya yang sedang ke eropa. Hari-hari awal kelas XI kelas sangat sepi,karena banyak juga anak-anak yang berperan sebagai capsis yaitu calon osis. Mereka sedang giat-giatnya berlatih untuk lalinju. Beberapa hari kemudian,kakak-kakak MPK masuk ke kelas-kelas untuk pemilihan calon MPK tahun ini. Saya ingin menjadi MPK,tetapi saya tidak beharap banyak,karena saya tidak ikut TPO dan lapinsi. Kata beberapa teman,yang didahulukan yang setidaknya sudah mengikuti salah satunya. Saya tetap mencoba,dan untungnya di kelas saya cukup banyak yang sudah menjadi calon osis,jadi saingan di kelas tidak banyak,dan alhamdulillah saya terpilih menjadi MPK sebagai koordinator olahraga.
Setelah terpilih calon-calon MPK dari seluruh kelas,kami ikut berlatih bersama calon osis untuk mengikuti Lalinju (Lari Lintas Juang). Lalinju seharusnya dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus tetapi karena tahun ini adalah saat bulan puasa,jadi lalinju dimajukan sebelum puasa. Waktu untuk melaksanakan Lalinju tiba,kami harus bermalam terlebih dahulu di sekolah bersa-sama agar tidak ada yang telat ke esokan harinya. Kami berlari sejauh 17 km. Saya sangat bersemangat melaksanakannya. Tidak terasa sudah 17 km,kami tiba di sekolah,kami juga disambut oleh banyak orang. Sangat senang bisa melewati lalinju tersebut. Lalu kami diberi makanan dan minuman untuk mengembalikan tenaga yang sudah terkuras. Setelah itu kami dikukuhkan sebagai calon pengurus MPK. Saat tanggal 17 nanti,kami akan dilantik menjadi MPK.
Setelah Lalinju,saya harus belajar seperti biasa. Masa-masa kelas XI adalah masa-masa yang sangat saya nikmati di SMA Labschool Kebayoran. Kata kakak kelas saya,jangan masuk jurusan ipa,karena stres nanti. Tetapi selama saya menjalani di kelas XI,tidak separah yang mereka ceritakan ke saya.
Saat kelas XI saya hampir dikatakan jarang masuk sekolah,saya banyak sekali izin-izin untuk berlatih basket. Bulan Oktober saya harus izin untuk mengikuti POPWIL (Pekan Olahraga Pelajar Wilayah) di Palembang,bulan Desember  saya harus mengikuti kejuaraan nasional. Lalu saya juga harus izin pulang sekolah untuk latihan dalam rangka mengikuti pertandingan PraPON. Sampai-sampai,wali kelas saya yaitu Pak Yusuf sudah hafal jika saya ingin mengasih surat izin. Untungnya nilai yang saya dapat di kelas XI tidak jelek,jadi saya dizinkan izin-izin selama saya masih bisa mengikuti plajaran yang diberi para guru. Tetapi saya sedikit sedih,karena seharusnya di kelas XI ini saya bisa mengikuti acara-acara dan kegiatan yang diselenggarakan oleh angkatan saya. Banyak sekali kegiatan yang saya lewatkan,seperti Sky Battle,yang seharusnya saya berperan banyak di kegiatan tersebut. Saya tidak bisa ikut membantu mengurus Sky Battle karena saat itu saya harus mengikuti seleksi Pelatnas.
Bulan Oktober ada kegiatan yang wajib diikuti oleh murid-murid kelas X yaitu TO. Saya dan beberapa perwakilan MPK ikut mendampingi adik-adik kelas X melaksanakan TO. Lokasinya berbeda dengan lokasi tahun lalu. Saat itu saya dengan teman-teman mpk lain sangat menikmati kegiatan disana. Berbeda sekali dengan tahun lalu,karena tahun ini kami tidak disibukkan dengan nametag dan banyak kegiatan yang wajib kami ikuti. Disana kami juga mengikuti penjelajahan. Saya bukan sebagai peserta,tetapi saya sebagai pengawas para peserta kelas X. Dalam penjelajahan dibagi beberapa pos. Saya ditugaskan untuk menjaga jalanan menuju pos BN. Setelah pos rohani,udara sangat mendung,saya bersama teman saya (berlima) cepat-cepat berjalan menuju akhir penjelajahan. Ditengah-tengah perjalanan hujan turun lebat,disinilah saat-saat diana penjelajahan yang sangat seru dan sangat berkesan bagi saya. Saya dan ke empat teman saya hujan-hujanan sambil berjalan pelan-pelan dan bernyanyi. Sesampainya di desa,saya bersama teman saya minum teh hangat dan segera mandi.  Banyak kejadian-kejadian lucu,aneh,dan seru lainnya selama TO tersebut yang tidak akan saya lupakan.
trip observasi

Awal tahun 2011 diawali dengan adanya kegiatan studi lapangan angkatan saya ke Jogja. Studi lapangan ini dilaksanakan selama 3 hari. Disana kami berkunjung ke berbagai tempat bersejarah,dan diberi tugas juga. Trip ini sangat menyenangkan dan mengesankan. Di malam terakhir,saya dan beberapa teman yang kamar dihotelnya berdekatan bermain-main dilorong hotel. Kami bercanda sampai tertawa terbahak-bahak. Saya dan beberapa teman tidur larut malam,dan mengakibatkan saya hampir terlambat bangun. Karena keesokan paginya kami harus segera checkout dari hotel.
Kemudian SkyBattle,Sky Battle dilaksanakan bulan Februari 2011. Di sky battle ini saya sudah berjanji akan menjadi juara. Saya tidak merasakan mengurus acara angkatan saya ini. Tetapi saya senang acara ini berjalan denga sukses,banyak tim dari labsky menjadi juara di sky battle ini,dan seperti yang saya janjikan,tim basket putri labsky menjadi juara. Saya sangat senang sekali.
Ujian akhir sekolah sudah menanti. Saya melaksanakan ujian dengan maksimal agar saya naik kelas. Saat kelas XII,hampir sebulan awal tahun pelajaran saya tidak masuk sekolah. Saya harus mengikuti TC di ragunan dan bertanding. Saya sedikit takut untuk masu sekolah lagi. Karena saya merasa saya sudah tertinggal banyak sekali pelajaran. Apalagi sekarang saya sudah kelas XII. Masuk-masuk saya harus ikut ulangan tanpa belajar sedikitpun. Hasilnya saya mendapat nilai sangat jelek. Saya sedikit putus asa di kelas XII ini. Dilihat dari teman-teman sekelas saya yang sangat rajin dan pintar,sebagian besar adalah anak-anak yang paling pintar di saat kelas XI,sedangkan saya hanya biasa-biasa saja. Saya pun akan berusaha mengejar pelajaran dan mengikuti pelajaran selama kelas XII ini,yg masih saya jalani sampai saat ini. Inilah perjalanan hidup saya selama 2 tahun bersekolah di Labsky.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar