Minggu, 11 September 2011

Pelajaran Agama Islam Kelas XII Semester II


Bab 7 QS. Yunus : 101 dan QS. Al Baqarah : 164


1.Bacalah dengan Fasih Surah Yunus {10} ayat 101 :
Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman ".

Kandungan Surah Yunus {10}Ayat 101
a. Adanya langit dan bumi serta segala isinya merupakan tanda kekuasaan Allah
. Kita harusmemikirkan bahwa itu semua adalah sarana untuk menggali ilmu pengetahuan danteknologi (IPTEK).
b.Untuk dapat menembus alam perlu adanya kekuatan berupa ilmu pengetahuan danteknologi. Oleh karena itu, sebagai orang beriman kita harus mencari dan meningkatkanilmu pengetahuan, baik umum maupun agama, termasuk teknologi.
c.Apabila memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi maka kita dapat melakukan perubahandunia yang lebih maju. Jelasnya, ayat di atas menjelaskan bahwa dengan adanya langit dan bumi, menuntut orang yang beriman untuk menggali ilmu pengetahuan dan teknologi agar la mampu melakukanperubahan di dalam dunia ke arah yang lebih maju. Jangan seperti orang yang tidak berimankarena mereka tidak memanfaatkan hal itu untuk mengembangkan ipteknya

2.Bacalah dengan Fasih Surah AI-Baqarah {2} Ayat 164 :
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya siang dan malam, bahtera yang berlayar dilaut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah SWT turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang di kendalikan antara langit dan bumi.Sesungguhnya (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan." 

Kandungan Surah Al-Baqarah Ayat 164
a.Allah menciptakan alam dan seisinya untuk kepentingan manusia karena manusia telahdijadikan sebagai khalifah di muka bumi. Sebagaimana disebutkan dalam ayat Al-Qur’anyang lain:
 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya  Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". " 
(QS. Al-Baqarah: 30)

b. Sebagai khalifah di bumi, manusia diheri bekal ilmu pengetahuan dan tcknologi, bukanberupa materi kebendaan ataupun keturunan yang menjadi pegangan.

c.Allah menurunkan air hujan sehingga tanah yang tadinya tandus menjadi subur. Kemudiandengan teknologi, tanah tersebut ditanami berbagai jenis tumbuhan yang sangat bergunabagi kehidupan manusia. Di samping itu, di atas tanah juga ditebarkan berbagai macambinatang, yang kesemuanya itu merupakan tanda-tanda kebesaran dan ke-Esaan Allah
.
"Sesungguhnya dalam pernciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang-orang yang berakal (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri 
atau
dudukatau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : "Ya Tuhan kami, tiadalan Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau maka  peliharalah kami dari siksa neraka." (QS. Ali Imran: 190-191)

Menurut ayat di atas, kita dituntut selalu berpikir dan mengembangkan kreativitas, yang kemudian tercipta alat-alat atau pun teknologi baru. Seperti penemu-penemu Islam bidang teknologi berikut ini :
a. Jabar al-Isbilly, 1197 M (penemu ilmu aljabar),
b.Ibnu Juljul (ahli tanaman obat-obatan)
c.Abu Ja’far ibnu Al-Jazzar (Kedokteran)
d.Abdullatif Al-baghdadi (Ahli Anatomi)
e.Ibnu sina (Ahli Anatomi dan Kedokteran)
f.Zakariya Qazwini (Ahli jantung dan Otak)
g.Hamdullah Al Mustaufi al Qazwini (Ahli anatomi)
h.Ali bin Isa ( Ahli anatomi mata)
i.Biruni (ahli Astronomi)
j.Tsabit ibnu Qurrah ( Ahli Matematika)
k.Ibnu alhaitsam (Ahli Optik)
l.Al Kindi ( Ahli Fisika)

Masih banyak lagi ahli-ahli dalam bidang ilmu lain yang merupakan hasil daripengembangan cara berpikir. Semakin terbuka rahasia alam raya ini, kita akan semakin dapatmengagumi alangkah tingginya ilmu dan hukum Allahyang berlaku pada alam raya ini. Maka dari dalam jiwa akan memantulkan ucapan: Ya Allah, Tuhan kami, tiada Engkau ciptakansemua ini dengan sia-sia.Demikian pula Allah  menurunkan air hujan. Dengan air hujan, tanah yang tadinya tandusmenjadi gembur. Kemudian dengan teknologi, tanah tersebut ditanami dengan berbagaimacam tumbuhan dan hasilnya sangat berguna bagi kehidupan manusia. Di samping itu, dimuka bumi ditebarkan berbagai macam hewan yang merupakan tanda-tanda ke-Esaan dankebesaran Allah. Jadi jelasnya, kita menyadari bahwa bumi yang mati tidak dapat kita manfaatkan jika kitatidak mempunyai ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai. Oleh sebab itulah, kitatidak dapat lepas dari tuntutan untuk mencari ilmu, apalagi kalau kita ingat bahwa ilmu hanyadiberikan kepada manusia karena adanya kelebihan manusia dari makhluk lain, yaitu berupaakal.

Bab 8 IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR

Qadha adalah ketentuan atau ketetapan yang akan terjadi pada waktu yang akan datang.Ketetapan dan ketentuan itu hanyaAllahyang membuat. Oleh karena itu, hanyaAllah saja yang tahu.
Qadar adalah pelaksanaan dari rencanaAllah atau sering disebut dengan takdir, yaitukeadaan yang menimpa makhluk Allah . Arti Qadar dalam Al-Qur’an kita pahami sebagai suatuperaturan umum yang diciptakanAllah untuk menjadi dasar alam ini dengan hubungan sebabakibat. Telah menjadi undang-undang alam (sunatullah) yang abadi bahwa manusia jugaterikat pada sunatullah itu. Ketentuan yang berlaku terhadap makhluk-Nya, baik yang telahmaupun akan terjadi, semua berada di bawah ketentuanAllah .

hubungan antara Qadha dan Qadar.Qadha mengacu pada hukum, undang-undang, peraturan, dan ketetapanAllah
yang berlakuatas semua makhluknya, sedangkan Qadar mengacu kepada pelaksanaan dari rencanaAllah atas hukum, undangundang, dan ketetapan-Nya. Telah kita ketahui bahwa semua benda yang ada di alam ini terdapat takdirAllah, baik itumanusia, bulan, bintang maupun gunung. Misalnya, malam tidak boleh mendahului siang danmatahari terbit tidak boleh mendahului bulan. Semua itu berjalan berdasar ketentuan dankehendak Allah yang selanjutnya disebut dengan sunatullah. Sunatullah ada dua macam, yaitusunatullah yang tidak tertulis yang terdapat di alam ini, misalnya api itu panas, dan sunatullahyang tertulis di alam, misalnya hukum yang tertulis dalam Al-Qur’an, mengatakan siapa sajayang beriman dan beramal saleh pasti akan mendapat pahala dari Allah. Kedua sunatullah dariAllah itu dijamin kemutlakannya serta tidak dapat diganti dengan hukum yang lain.Sunatullah yang ada di alam waktunya dapat diukur, misalnya manusia dapatmemperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk memasak air sampai mendidih, sedangkansunatullah dalam Al-Qur’an manusia tidak tahu pasti kapan waktunya terjadi. Misalnya, saatkematian seseorang dan saat datangnya hari kiamat. Dengan meyakini sunatullah akanmembawa manfaat dan hikmah yang sangat besar. Manusia akan sadar bahwa dalam hidupini manusia dibatasi oleh peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuanAllah. Juga akanmenumbuhkan kemauan manusia untuk menggali perbendaharaan bumi agar dapatdimanfaatkan.Iman kepada Qadha dan Qadar dapat menjadikan keimanan atau kepercayaan kitaterhadap kekuasaanAllah makin tebal, hatinya tabah dalam menghadapi liku-liku hidup, dantidak mudah putus asa. Manusia tidak tahu takdirAllah apa yang akan terjadi pada dirinya.Manusia hidup wajib berusaha dan bekerja untuk mencapai tujuan hidupnya, yaitu bahagia didunia dan di akhirat. Manusia tidak tahu ditakdirkan olehAllah kaya atau miskin, pandai ataubodoh, bahagia atau tidak, dan sebagainya. Untuk itu, manusia harus berusaha agarkehidupan hari ini lebih baik dari hari kemarin. Manusia harus bekerja giat dan tekunberusaha serta rajin agar menjadi orang yang kaya, orang yang pandai, bahagia, dansebagainya. Apabila usahanya belum berhasil, tidak boleh putus asa dan harus yakin suatu saat Allah akan memberi kemurahan.

FUNGSI IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR 
Qadha dan Qadar termasuk rukun iman yang keenam yang setiap muslim harusmcmpercayainya. Semua kejadian, gerak, dan peristiwa yang terjadi di alam semesta initermasuk nasib manusia itu adalah sudah ditakdirkan olehAllah sejak zaman azali, yailu zamansebelum terjadinya makhluk. Qadha artinya keputusan atau ketetapan, sedangkan Qadarartinya ketentuan. Adapun yang dimaksud Qadha yaitu keputusan atau ketetapan terhadapsuatu ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah terhadap makhluk-Nya. Sedangkan Qadar atautakdir adalah segala ketentuanAllah yang berlaku terhadap semua makhluk-Nya, baik mengenai suatu hal yang sudah terjadi, sedang terjadi, maupun yang akan terjadi. Semuanyadi bawah ketentuan Allah Yang Maha Esa lagi Mahakuasa, apakah ketentuan itu baik ataupunburuk

Takdir itu ada dua macam, yaitu sebagai berikut :
1.Takdir mubram
ialah Qadha dan Qadar Allahyang tidak dapat dielakkan dan pastiterjadi sehingga manusia tidak mempunyai kesempatan untuk menghindari. Seperti,ketentuan kelamin laki-laki atau perempuan, terjadinya hari kiamat, datangnya ajalseseorang.
2.Takdir mu'allaq
ialah Qadha dan Qadar Allah yang digantungkan kepada ikhtiarseseorang atau usaha-usahanya, menurut kemampuan yang ada pada manusia. Maka,untuk jenis takdir mu'allaq ini manusia wajib berusaha agar dapat mengubah keadaanpada dirinya menjadi lebih baik sesuai dengan yang dikehendaki. Seperti, seorang siswa yang ini pandai maka harus rajin belajar, seseorang yang ingin kaya maka iaharus giat bekerja, dan lain-lain.
HUBUNGAN ANTARA QADHA DAN QADAR DENGAN IKHTIAR DAN TAWAKAL
Ikhtiar ialah segala usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keperluandalam hidup. Sebagaimana diketahui. terjadi atau tidaknya sesuatu itu ada sebabnya. Ada lagisebab yang merupakan hasil ikhtiar kita sendiri, seperti ketekunan dan keuletan dalam belajartelah menyebabkan seseorang memiliki banyak ilmu, hal ini sesuai dengan Qadha dan Qadar Allah

Bab 9 AKHLAK TERPUJI
PENGERTIAN
Persatuan dalam ajaran Islam secara umum disebut
ikhwan 
yaitu persaudaraan, secaraumum disebut
ukhuwah Islamiyah 
yaitu persaudaraan dalam Islam (saudara sesama manusiadan saudara seagama)
Peranan Persatuan Umat Islam dalam Pembangunan dan Mempertahankan NegaraIndonesia

 Nilai Persatuan bagi Kepentingan Bangsa dan Agama dalam Rangka Menuju Masyarakat Adil dan Makmur 

Dalam kehidupan berbangsa, persatuan merupakan scndi kekuatan yang paling ampuh.Bagi umat Islam, persatuan harus digalang melalui jalur intern terlebih dahulu, untuk memperkuat Islam. Sedangkan sebagai warga negara harus menggalang persatuan untuk memperkuat bangsa dan negara. Apabila persatuan benar-benar terwujud dalam suatu hangsa yang berada dalam suatunegara, upaya menciptakan pengembangan dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial,ketahanan, dan bidang lainnya akan mudah direalisasikan.Dalam pengembangan ekonomi bagi bangsa dan negara, upaya pertama yang dilakukanadalah persatuan terlebih dahulu. Suatu bangsa yang tidak bcrsatu akan sulitmengembangkan ekonominya. Tetapi, apabila persatuan itu ada, akan mudah dalammengembang-kan ekonomi. Sebab, dalam kondisi bangsa yang bersatu, maka akan mudahdiajak kompromi, bermusyawarah untuk saling membantu, saling mengisi, dan bekerja sama.Demikian pula dalam pengembangan pendidikan, unsur pertama yang mendukung adalah persatuan. Dalam bidang ekonomi dan pendidikan persatuan merupakan unsur yang dominan, dalam bidang ketahanan, persatuan adalah unsur yang lebih dominan. Tidak mungkin suatu perceraian akan merupakan landasan kekuatan dalam pertahanan. Pastipersatuan itulah yang dijadikan dasar dari pada ketahanan. Negara akan kuat apabilapersatuan bangsanya terjamin. Ketahanan negara akan lebih lestari jika persatuan rakyatnyaterus berjalan.Demikianlah, betapa pentingnya persatuan dalam suatu bangsa dalam rangkamelestarikan kehidupan ekonomi, pendidikan, sosial, agama, ketahanan, dan lain sebagainyasehingga dengan wujud persatuan dalam segala aspek kehidupan akan menuju masyarakatyang adil makmur yang diridhai oleh Allah. Juga merupakan langkah menuju terciptanya
Baldatun Tayyibatun wa Rabbun Gafur.

 Nilai Persatuan Bagi Kepentingan Dunia Islam Secara Keseluruhan 

Dalam ajaran Islam sebenarnya konsep persatuan telah ada, yaitu setiap orang yang beriman adalah bersaudara. Semua muslim yang ada di dunia, baik di Afrika, Asia, Amerika,ataupun Australia adalah bersaudara.Memang persaudaraan kadang tidak mesti akan mewujudkan persatuan. Tetapi, maksuddan hakikat persaudaraan di dalam Islam adalah sebagai ujung tombak dalam persatuan. Halini dapat dilihat dalam sebuah hadis yang berbunyi:
"Bahwa umat Islam adalah bagaikan sebuah bangunan, antara sebagian yang satu dengan sebagian yang lainnya saling menguatkan ".
 Demikian pula dalam hadis yang lain: "Dan barang siapa memberikan jalan keluar bagisaudarannya sesama muslim,Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari kesulitan, dimana pertolongan itu sangat diperlukan di hari kiamat".Penerapan ajaran-ajaran itu akan memberikan dampak positif. Sebagai konsekuensi logisdari ajaran itu memberikan dampak persatuan bagi kehidupan umat Islam. Apabila satu umatIslam disakiti, umat Islam lainnya akan merasa sakit pula. Persaudaraan yang demikian akansangat besar andilnya untuk mewujudkan persatuan dalam dunia Islam. Apabila persatuan sudah dapat diwujudkan, umat Islam di berbagai negara akan merasaterpanggil untuk kepentingan bersama. Demi kemajuan umat secara keseluruhan, makanegara-negara Islam dan negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, akaNsaling menolong, saling membantu, dan bekerja sama antara satu dengan yang lainnya, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, politik, sosial, pertahanan, dan lain sebagainya.Dengan modal persatuan itulah upaya menuju kekuatan dan ketahanan umat akan mudahdirealisasikan. Karena antara yang satu dengan yang lainnya merasa bertanggung jawab atasterwujudnya kekuatan dan ketahanan itu. Lebih dari itu adalah bertanggung jawab dalamsegala aspek kehidupan umat Islam di seluruh dunia.Dengan demikian, umat Islam di seluruh dunia akan menjadi umat yang satu, umat yang berwibawa, yang mempunyai kharisma tinggi, dan mampu menunjukkan yang terbaik bagidunia.
Macam dan Cara meningkatkan Persatuan atau Ukhuwah Islamiyah :
1.Dalam segi bahasa, yakni menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia denganbaik dan benar disetiap acara resmi dan dimana saja kita berada.2.

Dalam segi ucapan salam, yakni menggunakan ucapan salam “Selamat pagi” atau yang sesama Muslim dengan ucapan “Assalaamu’alaikum” disetiap pertemuan.3.

Dalam segi tanah air, yakni dimana saja kita berada di tanah air ini kita membangun danmembantu saudara-saudara yang mengalami kesulitan dan yang ditimpa musibah di manakita tempati secara adil dan manusia.4.

Dalam segi toleransi aqidah, yakni tetap saling menghormati dan menghargai perbedaanaqidah, dan tidak memaksakan suatu agama kepada orang lain, karena urusan agamaurusan adalah urusan pribadi dalam Islam “Lakum dinukum waliadin”
Hikmah persatuan atau Ukhuwah Islamiyah adalah :
1.Terciptanya persatuan dan kesatuan, sehingga suasana kebersamaan tercermin tentram,damai penuh kekeluargaan. Satu sama lain saling menghargai dan mengalah. Prestasisemakin meningkat karena adanya saling membantu.
2.Memperkukuh aqidah dan keyakinan kepada Allah .
3.Menumbuhkan ukhuwah Islamiyah yang kuat dan 3 kerukunan umat di Indonesia.
4.Menjalin rasa kesetiakawanan sosial
KERUKUNAN INTERN UMAT BERAGAMA 
Sikap hidup Muslim dan pribadi seorang Muslim adalah manifestasi dari imannya. Olehsebab itu, seseorang yang benar-benar beriman kepada Alaah serta melaksanakan segalaperintah-Nya sudah barang tentu pribadinya akan dihiasi dengan cahaya iman, perbuatan dantata hidupnya sangat baik dan terpuji
jelas bahwa cara melakukan kerukunan terhadap seagama yang dipraktikkan olehRasulullah saw dan para sahabat serta orang Mukmin, yaitu :
1.kasih sayang seama Muslim
2.senada dalam berfikir
3.seirama dalam langkah untuk mencari karunia dan ridha-Nya.Seirng kita menyaksikan kemuduran umat Islam karena umatnya tidak beranimenegakkan kebenaran dan tidak tegas terhadap orang kafir. Orang Muslim justru mempertajam perselisihan paham antarsesama Muslim yang bersifat khilafiyah dan ibadahsunnah, sementara yang durhaka terhadap Allah dibiarkan begitu saja.
KERUKUNAN ANTARUMAT BERAGAMA 
Dinegara kita tidak dibenarkan sikap dan perbuatan melawan atau antiagama dan tidak dibenarkan paham yang meniadakan Tuhan Yang Maha Esa. Setiap warga negara Republik Indonesia harus percaya dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Manusia Indonesia wajib saling menyayangi dan tidak berbuat dengki dan dendam, kerusuhan dan memaksakankeyakinan kepada umat lainnya. Itulah yang menandai kita hidup beragama dan pecayaterhadap Tuhan Yang Maha Esa.Hidup rukun dan bertoleransi tidak berarti bahwa ajaran agama yang satu dan yang lainnya dicampuradukkan. Dengan toleransi tersebut diharapkan terwujudnya ketenangan,saling menghormati dan saling menghargai, hal itu akan mewujudkan perikehidupan yang rukun, tertib dan damai, sehingga dengan keadaan yang demikian itu dapat terlaksanapembangunan bangsa.Berdasarkan uraian di atas, dapatlah disimpulkan bahwa manusia Indonesia wajibmenjunjung tinggi perasaan dan sikap toleransi antarumat beragama. Dalam kehidupanbangsa Indonesia yang merdeka dan ber-Pancasila, usaha memaksakan suatu agama tidak dibenarkan.

KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DENGAN PEMERINTAH
Kerukunan umat beragama dengan pemerintah terealisasikan dengan mentaati segalaperaturan yang dikeluarkan pemerintah, selama peraturan itu tidak bertentangan dengansyari’at Islam. Jalinan kerjasama antara umat dengan umarah dalam membina untuk mentaatiperintah Allah , rasul dan umara (pemimpin) diantaramu.

Bab 10 PERILAKU TERCELA

Israf adalah berlebih-lebihan. Contoh Israf yang tampak nyata dalam kehidupan sehari-hari adalah budaya konsumerisme atau pemakaian barang-barang hasil industri yang melandamasyarakat Indonesia dewasa ini. Orang membeli suatu barang hanya untuk bergaya,bermegah-megah dan untuk dipamerkan kepada orang lain. Pada hal harta benda yang dibelanjakan seperti itu tidak akan membawa berkah bahkan akan mendatangkan bahaya danmalapetaka. Allah melarang orang Islam bersikap boros dalam penggunaan nikmatAllah, berfoya-foya danmengeluarkan harta benda kepada sesuatu yang tidak bermanfaat bahkan kepada yang dapatmerusak diri dan orang lain bahkan membelanjakan kepada yang diharamkan. Pada akhirayat dilanjutkan bahwa perbuatan itu termasuk perbuatan syaithan, maka jauhi kalau tidak mau termasuk saudara-saudara syaithan.Ghibah berarti mengunjing, maksudnya membuka aib/cela/cacat/keburukan orang lainagar orang tersebut terhina dan terkucil serta teraniaya dari lingkungan sekitarnya. Hal inidisebut juga dengan gosip, yaitu menceritakan sesuatu yang belum tentu benar sehinggamenimbulkan kemarahan dan sakit hati dari orang yang digosipkan. Perbuatan ini sangatdilarang dalam Islam, karena bisa mengakibatkan sakit hati dan dendam bahkan akan timbultindakan kejahatan dan kezaliman, dan ini suatu dosa.Fitnah adalah menuduh seseorang melakukan perbuatan dosa dan keburukan yang tidak ia lakukan dengan tujuan untuk mencelakan atau menjatuhkan kehormatan seseorang.Menyebar luaskan kejelekan orang denga tujuan agar orang itu dibenci dan dihina di tengahmasyarakat adalah termasuk dosa besar dan perbuatan itu termasuk menfitnah atau mengadudomba antar sesama manusia.

Bab 11 MAWARIS

Ilmu faraid (mawaris) adalah ilmu yang menguraikan tata cara pembagian harta warisansesuai dengan ajaran Islam. Rasulullah saw. menyuruh mempelajari ilmu faraid kepadaumatnya, mengajarkannya pada orang lain, dan mengamalkannya

Hal-hal yang perlu diketahui tentang ilmu faraid adalah dua masalah pokok tcntang ketentuan mawaris, yaitua.
 sebab-sebab mcmperoleh harta warisan, yaitu hubungan kekeluargaan, perkawinan, wala,dan hubungan seagama, danb.
 sebab-sebab tidak bcrhak memperoleh harta warisan, yaitu budak, pembunuh, murtad,dan kafir.

Pandangan ulama mengenai harta peninggalan atau waris meliputi semua harta dan hak yang ditinggalkan oleh si mayat, baik harta benda maupun bukan.

Penggunaan harta benda sebelum diwariskan dikeluarkan untuk:
a.biaya perawatan waktu sakit,
b.biaya penyelenggaraan jenazah,
c.membayar utang,
d.melaksanakan wasiat, dan
e.membayar zakat.

 Ahli waris adalah orang-orang yang mempunyai hak untuk mendapat bagian dari hartapeninggalan orang yang meninggal.

Untuk menghitung dan menetapkan penerimaan ahli waris dalam pembagian harta warisan,dapat dilakukan dengan melalui dua sistem perhitungan, yaitu dengan sistem asal masalahdan dengan sistem perbandirigan.

Hikmah warisan dalam Islam antara lain sebagai berikut.
a.Dapat mengikat persaudaraan semua ahli waris.
b.Terhindar dari sifat serakah.
c.Terhindari dari makan-makanan dengan jalan yang tidak sah.
d.Dapat mengetahui urutan-urutan ahli waris yang berhak menerima harta warisan.


Bab 12 Perkembangan Islam di dunia
Di antara tokoh-tokoh pembaharu yang pemikirannya sangat berpengaruh di dunia Islamadalah Muhammad bin Abdul Wahab, Syekh Waliyullah, rifa'aha Badawi Rafi al-Tahtawi,Muhammad Abduh, Muhammad Iqbal, Muhammad Rasyid Ridha, Jamaluddin al-Afgani, danSayyid Ahmad Khan.Salah satu manfaat dari sejarah perkembangan pemikiran Islam di dunia adalah memurnikanajaran agama Islam sesuai bentuk aslinya, yaitu sebagaimana yang diajarkan AlQur’an dan hadis.Nilai-nilai yang terkandung dalam gerakan modernisasi pada agama Islam adalah
a. Nilai persatuan (ittihad)
b. Nilai solidaritas (ukhuwah islamiah)
c. Nilai pembaharuan (tajdid)
d. Nilai perjuangan (jihad fi sabilillah)
e. Nilai kemerdekaan (hurriyyah)

1 komentar: