Minggu, 11 September 2011

2 tahun selama di labsky


Kehidupan saya di SMA Labschool Kebayoran dimulai 2 tahun yang lalu. Hari Sabtu tanggal 11 Juli 2009 seluruh calon siswa kelas x dikumpulkan di sekolah untuk mengikuti briefing pra-mos. Di pra-mos tersebut kami diperkenalkan tentang budaya-budaya labksy, kakak osis dan mpk serta guru. Kami juga diberi tugas untuk membuat nametag yang akan dipakai nanti saat MOS. Nametag yang didesain oleh kakak osis tersebut menurut saya sangat rumit, tidak seperti desain nametag sekolah-sekolah lain. Selain itu pada saat hari MOS nanti rambut siswa yang laki-laki harus dibotakin sedangkan siswa perempuan dikuncir dengan berbagai macam pita.

Tibalah hari pertama MOS di labsky. Kami diharuskan datang jam setengah 5 pagi selama 3 hari tersebut untuk mengikuti lari pagi, salah satu rutinitas di labschool. MOS yang didampingi oleh kakak Osis Diwakara Balasena diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti materi, PBB, dan komanda makan. Bagi saya PBB dan Komando Makan adalah kegiatan yang paling tidak saya sukai. Karena PBB latihan baris-berbaris dilakukan siang hari saat sedang panas-panasnya, dan komanda makan yang mengharuskan kami makan cepat dalam 10 hitungan.


Setelah 3 hari melanjalani MOS kami dibagi menjadi 5 kelas dan 1 kelas aksel. Saya masuk kedalam kelas XE bersama 33 orang teman saya. Selama kelas kami menjalani berbagai macam aktifitas. Yang pertama adalah PILAR yaitu pesantren kilat yang diadakan di bulan ramadhan, menginap 3 hari selama di sekolah. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok yang didampingi oleh Osis kakak hastara yang baru dilantik tanggal 17 Agustus 2009 kemarin.


Lalu sekitar pertengahan bulan Oktober kami diwajibkan ikut program TRIP OBSERVASI (TO) yang diadakan di desa Pasir Muncang, Purwakarta. Tapi seminggu sebelumnya kami mengikuti pra-TO untuk mempersiapkan kehidupan disana. Saat pra-TO itulah kami mendapatkan 3 ketua angkatan dan nama angkatan kami yang disebut ‘Nawa Drastha Sandiyadira’ atau disingkat menjadi NAWASTRA. Setelah itu kami pergi ke desa Pasir Muncang selama 5 hari. Kami dibagi kurang lebih menjadi 21 kelompok tiap kelompok didampingi oleh 2 kakak osis pendamping dan 1 guru. Kami melakukan berbagai aktifitas selama 5 hari tersebut seperti Peduli kehidupan desa dengan bekerja di sawah dan melakukan pekerjaan bersama orang tua asuh, presentasi, Walaupung hanya 5 hari tapi itu menjadi salah satu pengalam berharga yang saya dapatkan di SMA Labschool Kebayoran. Berbagai macam kegiatan seperti studi lapangan, Lapinsi, Bintama, Tes Potensi Organisasi.
  
Awal semester 2 di kelas XE kami angkatan nawastra melakukan studi lapangan ke Bandung selama 2 hari 1 malam. Kami pergi ke berbagai macam tempat salah satunya balai inseminasi buatan. Pertengahan semester diadakan kegiatan LAPINSI (Latihan Kepemimpinan Siswa) yang berguna untuk melatih kempemimpinan dan jiwa organisasi siswa yang nantinya akan menjadi calon OSIS dan calon MPK. Setelah lapinsi, Tes Potensi Organisasi diadakan untuk menyeleksi siswa yang ingin menjadi calon pengurus osis. Tes nya dibagi menjadi tiga yaitu tes kerohanian, jasmani dan PBB, serta siding makalah. Alhamdulillah setelah mengikuti tes tersebut saya lulus menjadi calon pengurus osis 2010-2011 bersama teman-teman capsis lainnya. Tidak terasa akhirnya tahun ajaran kelas 10 pun usai. Tetapi sebelum liburan kami siswa kelas 10 bersama dengan beberapa kakak kelas 11 yang anak baru masuk harus mengikuti program wajib BINTAMA di kopassus serang. Bintama dilaksanakan selama 6 hari 5 malam, disana kami dilatih mental dan kemipinan dengan berbagai macam kegiatan seperti materi, PBB, dan jurit malam. Meskipun pertama nya kami merasa tidak nyaman namun lama kelamaan kami terbiasa dengan suasana di kopassus tersebut.

Tanggal 2 Juli 2010 jam 11 malam saya bersama kurang lebih 48 orang teman saya dan orang tua murid serta guru berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta untuk pergi melaksanakan misi budaya di Eropa tepatnya di Roman, Prancis. Selama 9 hari kami mengikuti festival yang juga diikuti oleh banyak Negara seperti Prancis, Chili, Belanda, dll. Kebetulan ulang tahun saya tanggal 10 juli, jadi aaya bisa merayakannya bersama teman-teman saya disana. Setelah festival kami tur keliling eropa selama 2 minggu. Disaat teman-teman kami yang lain mulai masuk sekolah kami baru mulai tur keliling eropa. Hasilnya saat kami masuk sekolah kami harus mengejar semua pelajaran yang tertinggal, tapi tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan pengalaman yang kami dapat selama di Eropa. 
Kelas 11 kami dibagi menjadi dua urusan yaitu ipa dan ips. Saya masuk ke kelas XI IPA 2 dengan wali kelas Pak Yusuf. Menurut saya kelas 11 adalah masa yang paling menyenangkan karena teman-teman kelas nya seru dan juga pelajarannya lebih santi dibanding kelas 1 & kelas 3.

 
 Kegiatan pertama yang saya lalui diawal kelas 11 adalah Lalinju dan Pelantikan Osis. Sebelumnya kami para capsis mengikuti tes seksi untuk menentukan bagian-bagian kami pada saat menjadi osis nanti. Akhirnya saya menjadi anggota seksi Kesehatan & Masyarakat bersama 4 orang teman saya yang lain. Seharusnya lalinju dan pelantikan osis dilakukan bersamaan pada tanggal 17 Agustus, namun pada saat itu karena tnggal tersebut bertepatan pada bulan puasa maka lalinju  dimajukan menjadi tanggal 9 agustus. Akhirnya pada tanggal 17 agustus kami resmi dilantik menjadi osis Dranadaraka Wirakasaka yang akan bertugas selama setahun. Program pertama yang kami lakukan adalah PILAR untuk adik kelas 10, Sahur on the Spot yang diurus oleh seksi kerohanian.


Lalu pada bulan Oktober angkatan 10 dan OSIS MPK nawastra melakukan kegiatan Trip Observasi. Tempatnya berbeda dengan desa pasir muncang. Mengikuti TO sebagai osis terasa lebih seru dan menyenangkan karena disana kami hanya menjadi pendamping dan sebagian besar acara nya kami yang atur. Bisa mengikuti TO sebagai peserta dan pendamping OSIS menjadi pengalaman yang sangat berharga. Saat menjadi Mansis ( Mantan Osis) nanti kami juga akan mengunjungi adik-adik kelas kami pada saat penjelajahan nanti. Seperti tahun sebelumnya diawal semester 2 kami mengadakan studi tur yang kali ini diadakan di Jogjakarta selama 3 hari 2 malam. Kami pergi keberbagai macam tempat  seperti candi prambanan, malioboro, dll.
 


Pada bulan Februari kami mengadakan salah satu proker terbesar angkatan kami yaitu SKY BATTLE, perlombaan olahraga dan tari saman antar sekolah. Alhamdulillah sky battle sukses dengan dukungan dari panitia dan berbagai pihak. Tanggal 9 April 2011 kami osis dranadaraka seksi kesmas melaksanakan salah satu program kerja kami yaitu “Sky Medic”, sky medic adalah kegiatan pengobatan bagi warga yang kurang mampu.

Tidak terasa setahun di kelas 11 berlalu berlalu begitu cepat setelah UAS selesai kami  mendapatkan hari libur selama 3 minggu dan masuk sekolah lagi tanggal 11 Juli 2011. Karena saya OSIS tanggal 9 saya dan teman-teman osis mpk memberikan pengarahan kepada adik-adik kelas 10 peserta mos. Bisa dibilang MOS adalah kegiatan osis drakara kami yang terakhir sebelum pelepasan jabatan. Tiga hari mos berasa begitu cepat kegiatan MOS kami juga diselingi oleh latihan lalinju bagi osis mpk dan capsis campk. Tanggal 24 Juli kami melaksanakan Lalinju, pertama saya pikir kemungkinan saya tidak akan kuat lari dari taman kalibata ke sekolah dan berkeinginan untuk naik ambulans tapi entah kenapa sepertinya saya sangat bersemangat dan sampai ke sekolah tidak tertinggal oleh barisan osis hehe. Dan akhirnya tanggal 17 kami lepas jabatan yang diturunkan ke pengurus osis yang baru.

Kurang lebih itulah kehidupan saya di labsky selama 2 tahun, sekarang saya sudah kelas 3 dan akan fokus belajar untuk UAN dan masuk ke universitas dengan jurusan yang saya inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar