Sabtu, 10 September 2011

Tugas 1 : Dua Tahun di Labsky

Dua tahun di Labsky saya alami dengan pengalaman yang mungkin saya alami seumur hidup. Pengalaman ini penuh dengan suka cita maupun dengan duka cita. Mulai dari pengalaman sebagai pelajar sma, ikut berorganisasi dengan program kerja osis, dan berorganisasi di organisasi PALABSKY.

Hari pertama saya menjadi pelajar SMA dimulai pada bulan juli, di mana pada saat itu merupakan hari pertama masuk ajaran 2009/2010 SMA LAbschool Kebayoran. Waktu itu, semua murid-murid baru harus mengikuti proker tahunan sekolah yaitu Masa Orientasi Siswa atau bisa disingkat MOS.  MOS merupakan pengenalan budaya dan aturan SMA Labschool Kebayoran terhadap murid-murid baru. Saya merasa ini merupakan hal yang biasa karena pasti setiap sekolah mempunyai acara untuk bisa mengenalkan aturan dan budaya sekolah kepada murid baru. MOS diselanggarakan 3 hari. Setelah MOS, murid baru, termasuk saya, sudah dibagikan kelas yang akan mereka tempati selama setahun ajaran. Dan saya pun terpilih di kelas 10 E. Hari-hari pertama di kelas 10 E pun berjalan kaku, karena belum semua murid kenal penuh atas teman sekelasnya. Seiring berjalanya waktu, suasana kelas pun cair menjadi kelas yang ramah dan kompak.

X-E
Pengalaman kelas sepuluh saya diawali dengan pesantren kilat. Ini merupakan acara angkatan pertama saya dan teman angkatan saya, jadi satu angkatan masih kaku akan mengenal teman-teman mereka, termasuk saya. Pesantren kilat berjalan selama 3 hari di sekolah dan setelah acara selesai, angkatan kami pun mulai kompak karena di pesantren kilat, kita bisa berkomunikasi penuh terhadap angkatan kita selama 3 hari. Setelah pesantren kilat, ada juga acara Trip Observasi atau TO.

 Di TO ini, murid-murid harus tinggal menetap bersama parent host mereka di pedalaman desa. Tentu ini merupakan hal yang baru bagi anak-anak kota seperti kami. Sebelum mantap di TO, kami diharuskan mengikuti Pra-TO. Di Pra-TO ini, angkatan kami dikeraskan untuk bisa lebih kompal. Mulai dari pengangkatan calon ketua angkatan, nama angkatan, dan lain-lain. Di Pra-TO ini, kami juga dilatih agar bisa mandiri di desa nanti. Pada hari terakhir Pra-TO, angkatan kami pun akhirnya mempunyai nama. Nawa Drasta Sandhyadira. Itulah nama angkatan kami. Diketuai oleh Nabel, Olaf, Danto, Nawa Drasta Sandhyadira siap menjadi satu angkatan yang kompak.

Kemudian, kami pun mengikuti acara TO. Setelah 2 jam perjalanan akhirnya saya mencapai desa di purwakarta. Selama 5 hari, saya mendapat pengalaman berharga mulai dari persahabatan, hidup, kegigihan, kerja keras, ibadah, dan lain-lain. Salah satu pengalam di TO yang tak terlupakan adalah penjelajahan. Di penjalajahan ini saya ditekan untuk bisa melewati jalur hutan yang sudah dibuat bersama pos-posnya. Alhamdulilah selamat dan penjelajahan ini yang memacu saya untuk mengikuti ekskul Pecinta Alam Labschool Kebayoran (PALABSKY)

Bersama PALABSKY, bertambah pengalaman yang berharga. Susur Pantai yang waktu itu merupakan proker pertama PALABSKY adalah masa di mana saya mulai mengenal angkatan PALABSKY saya. Letih dan capek merupakan kata-kata yang akan selalu saya pikirkan waktu itu. Namun pada akhirnya, kebahagiaan dan kepuasan terjadi setelah sampai di finish jalan susur pantai. Saya dan angkatan saya pun mulai menyatu lebih dari sebelumnya. Sehabis itu, Navigasi Darat. Di Navigasi Darat, medan yang dilalui tidak sejauh dan secapek saat susur pantai. Namun, keahlian teknik dan pendalaman materi lebih ditekankan bersamaan dengan fisik. Dan saya pun berhasil mendaki gunung pertama saya, yaitu gunung kencana.

Susur Pantai pertama kali


Navigasi Darat pertama kali

Pada semester dua, kehidupan berorganisasi lebih mendominasi dibandingkan akademis. Masa klimaks PALABSKY saya di kelas sepuluh terjadi pada saat Pendidikan Dasar PALABSKY. Di sini, saya diuji oleh pengurus apa yang saya lakukan di Navigasi Darat dan Susur Pantai. Mulai dari pembuatan bivak, tali menali, survival, rock climbing, SAR, dll. Dan pada saat PDP, angkatan PALABSKY saya sudah mempunyai nama, yaitu Adrika Phataka dengan Diannisa sebagai ketuanya. Setelah itu, kami mengikuti Rafting yang tentunya berbeda karena angkatan kami turut berorganisasi di proker ini. Membantu pengurus, kami ikut mempuplikasikan dan mengorganisir acara ini hingga sukses. Setelah itu, ada juga caving yaitu mengeksplorasi salah satu gua di Jakarta. Selain PALABSKY, ada juga proker-proker OSIS yang saya aktif jalani. Salah satunya adalah SKY BATTLE. Di SKY BATTLE saya ditugaskan sebagai Pengibar Bendera Merah Putih Ahmad Dahlan atau Pemeriah di awal acara bersama teman kompi saya. Acara pun berlangsung lancar dan sukses.

Saya pun juga mengikuti Latihan Kepemimpinan Siswa yaitu LAPINSI. LAPINSI ini adalah ajang untuk membentuk mental pemimpin pada siswa juga syarat untuk menjadi OSIS. Walau saya tertarik pada LAPINSI, namun saya tidak tertarik untuk menjadi OSIS. Maka, saya pun mengikuti acara LAPINSI dengan penuh tetapi saya tidak mengikuti lanjutan TPO. Pengalaman yang saya dapatkan cukup banyak.

Ada juga Bintama, yaitu acara dimana kita 5 hari tinggal di asrama Kopassus untuk disempurnakan kepemimpinan kita di sini. Bintama adalah kegiatan wajib yang harus diikuti oleh siswa-siswi SMA Labschool Kebayoran selain MOS, TO, Pesantren Kilat, dan Studi Lapangan. Di Bintaman ini menurut saya yang paling berkesan adalah jurit malam dan malam renungan. Pada jurit malam, siswa dan siswi dilatih mentalnya dengan berjalan di hutan bersama kelompoknya pada malam hari. Sedangkan pada malam renungan, kita diajarkan bagaimana berharganya negara kita ini dan bagaimana menghormati pahlawan-pahlawan yang berjasa bagi negeri kita yang tercinta ini.

Tak terasa satu tahun di kelas sepuluh sudah terlewat. Menginjak kelas sebelas, saya pun memilih jurusan IPA. Saya pun dimasukan ke kelas XI IPA 1 pada waktu itu yang kelasnya tergolong rajin dan pintar semua. Hari-hari pertama bersama XI IPA 1 tergolong santai dan sepi. Dikarenakan guru-guru sibuk mengurus MOS, juga teman-teman saya yang menjadi calon OSIS diberi pelatihan-pelatihan dan sebagainya. Di PALABSKY, kelas 11 pun berbeda dengan kelas 10. Di kelas 11, saya diberi kepercayaan oleh kakak pengurus untuk menggantikan mereka menjadi kepengurusan yang baru bersama angkatan saya.

XI IPA 1

Pada tanggal 17 agustus, saya mengikuti Lalinju untuk mendapat kepengurusan PALABSKY. Walaupun jarak yang ditempuh 17 km, tetapi rasa letih dan capek yang diderita tidak lebih dari kondisi dimana saya mengikuti proker-proker PALABSKY sebelumnya. Dan setelah mencapai jarak 17 km menuju SMA Labschool Kevayoran, saya pun dilantik dan diberi nomor keanggotaan 097.09.AK14 sebagai sekretaris. Selanjutnya, proker-proker PALABSKY adalah tugas angkatan saya yang mengkordinasi, mulai dari Susur Pantai, Navigasi Darat, Pelatihan Dasar Palabsky, Rafting, dan Eksplorasi.

Pada TO tahun kelas 11, saya ikut mendampingi OSIS yang pada saat itu sudah diganti menjadi angkatan saya untuk membuka jalan penjelajahan bagi anak-anak kelas sepuluh. Di TO ini bisa dibilang sangat santai karena tugas saya hanya mengkordinir, bukan menjalankan acara-acara TO. Saya dan teman-teman dari palabsky dan fotografi pun seringkali menyantap hidangan-hidangan khas desa seperti sate sapi, nasi rames, dll.

Memasuki tahun 2011, ada acara sekolah yang bernama Studi Lapangan bagi kelas 11. Studi Lapangan merupakan program wajib bagi siswa siswi dari kelas sepuluh sampai kelas dua belas. Di kelas sepuluh, saya pergi ke bandung untuk meneliti berbagai mata pelajaran yang sudah disediakan di sana. Pada kelas sebelas, angkatan saya ditugaskan pergi ke jogja. Di Jogja, saya pergi ke keraton jawa, Pabrik tekstil, pabrik jamu, dan tempat lain untuk kegiatan penelitian. Acara berlangsung selama 3 hari 2 malam dan tentu saja ini merupakan salah satu dari kegiatan angkatan kami yang tersisa.

Selanjutnya, ada SKY Battle 2011. Tentunya SKY Battle 2011 ini merupakan proker dari OSIS angkatan saya sehingga SKY Battle ini merupakan kebanggaan dan cerminan dari angkatan. Alhamdullilah, acara berjalan sukses dan lancar. Tepat setelah SKY Battle 2011, Adrika Phataka atau angkatan PALABSKY saya menyelenggarakan PDP bertujuan untuk membentuk angkatan bawah yang baru. Setelah berjalan 5 hari 4 malam, terbentuklah angkatan bawah yang baru, yaitu Naksathragana. 

Mendekati akhir tahun ajaran, Adrika Phataka mengadakan Eksplorasi Lombok. Eksplorasi Lombok ini merupakan salah satu proker dari angkatan PALABSKY saya yang bertujuan untuk mendaki salah satu gunung di Indonesia. Dan terpilihlah Gunung Rinjani (3726 mdpl) yang berada di Lombok. Alasan terpilihnya Gunung Rinjani karena daya tarik alam yang mendukung untuk bisa dijelajahi medan alamnya agar bisa dieksplorasi. Setelah 3 hari 2 malam, saya dan 15 orang yang terpilih dalam eksplorasi ini akhirnya mengibarkan bendera PALABSKY di puncak Gunung Rinjani. Setelah itu kami turun dan menghabiskan sisa hari berwisata ke Gili-Trawangan bersama Adrika Phataka.



Dan sehabis itu, saya mengikuti ujian akhir sekolah terakhir di kelas sebelas. Alhamdulillah hasilnya memuaskan. Kelas saya pun menggelar acara perpisahan di Pantai Tanjung Lesung. Sedih dan bahagia bercampur karena itu merupakan acara terakhir saya di kelas XI IPA 1.

Perpisaha XI IPA 1 di tanjung Lesung

Dan kehidupan kelas 12 pun dimulai. Di kelas 12 ini, saya dimasukan ke kelas yang tergolong berisikan siswa yang nilai akademisnya terbaik. Bahkan melebihi XI IPA 1. Wali kelas saya pun tergolong merupakan guru yang paling ditakuti oleh angkatan saya, yaitu Bapak Asep Sarmaji.

Dan ada juga SKY Avenue 2011 di kelas 12 ini. Ini merupakan proker terakhir OSIS angkatan saya dan alhamdulilah sukses besar. Guest Star yang diharapkan bisa ditampilkan, seperti The SIGIT, Sheila On 7, Gugus Blue Shelter, The White Shoes, dan masih banyak. Panitia dan penonton pun sama-sama puas.


Setelah SKY Avenue, saya dan teman-teman PALABSKY melakukan Laporan Pertanggungjawaban kepada alumni dan anggota PALABSKY. Alhamdulilah diterima dan dilanjutkan dengan pelantikan angkatan bawah saya. Sekarang, kehidupan kelas 12 saya dimulai. Karya Tulis, Tugas Sekolah, Ulangan, Try Out, Bimbel, dan lain-lainya menanti saya. Dan insyallah, setelah ini selesai saya bisa lulus dari SMA dan melanjutkan jenjang pendidikan saya di Fakultas Teknik Mesin ternama di  Jerman. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar